13 Langkah Pelihara Lovebird di Rumah Dengan Gampang

Lovebird atau burung cinta salah satu tipe burung yang mempunyai fans lumayan banyak di Indonesia.

Burung ini termasuk juga dalam tipe beo kecil dengan suara benar-benar indah serta mempunyai banyak macam. Lovebird populer dengan burung yang mempunyai kicauan unik serta ngekek yang panjang.

Tipe tipe lovebird yang banyak dijaga salah satunya ialah lovebird rosy face dengan warna menguasai hijau, lovebird fischeri dengan menguasai warna hijau serta kuning emas, lovebird yellow collared yang mempunyai warna kuning dibagian dada, lovebird black checked berpipi hitam, lovebird lilian’s sebagai tipe lovebird paling kecil di dunia berwarna menguasai hijau oranye serta ada banyak lagi tipe lovebird yang lain.

Lovebird adalah burung yang memerlukan perawatan begitu tambahan, tetapi perawatan burung untuk lomba atau sekedar hanya klangenan tentnya tidak sama. Buat anda yang tertarik dengan burung kicau ini, silakan baca langkah pelihara lovebird di dalam rumah sedetailnya.

Persiapan Sangkar
Untuk langkah pertama menjaga lovebird pertama yang perlu dilaksanakan ialah pilih sangkar untuk lovebird terlebih dahulu yang dilaksanakan pada langkah ternak lovebird koloni. Tekankan sangkar bersih dengan ukuran yang lumayan luas. Tekankan sangkar gampang dibuka untuk dibikin bersih serta tidak dibuat berbahan yang dapat melukai burung dan siapkan tempat pakan serta minum yang gampang dicapai. Untuk sisi alas harus juga gampang ditukar serta tidak mengakibatkan banyak masalah agar burung tidak depresi.

Memperbedakan Tipe Kelamin Lovebird
Untuk memperbedakan lovebird jantan serta betina kelompok dimorfik cukup gampang dilaksanakan serta beberapa macam lovebird yang masuk ke kelompok dimorfik ini ialah lovebird red headed, lovebird madagaskar dan lovebird abyssinia.

Untuk lovebird jantan mempunyai kepala semakin kecil dengan bentuk rata cara merawat lovebird , badan serta sisi paruh semakin kecil dari betina, kaki rapat, ekor berupa huruf “V”, semakin lincah serta agresif serta ngekek dengan panjang. Sedang lovebird betina mempunyai bentuk kepala besar serta mencolok ke atas, paruh serta badan semakin besar dari betina, seringkali menempati dengan kaki melebar, ekor berupa huruf “U”, semakin tenang serta ngekek yang tidak kurang panjang dari jantan.

Pakan Lovebird
Pemberian pakan untuk lovebird jangan diberi dengan cara asal serta harus beragam terutamanya bila lovebird masih terbilang muda yang perlu tetap dilaksanakan dalam langkah pelihara burung lovebird. Beberapa macam pakan paling baik yang dapat diberi untuk lovebird salah satunya ialah kuaci, milet putih, milet merah, pelet, biji bunga matahari, biji sawi, jumawut, canary seed serta hemp seed.

Pakan lovebird dapat diberi tiap hari dengan cara berganti-gantian. Imbuhkan buah serta sayuran seputar 2 kali satu minggu supaya kekuatan berkicau lovebird makin bagus. Untuk tipe sayuran yang dapat diberi salah satunya ialah tauge, jagung muda serta kangkung.

Pakan Anakan Lovebird
Pakan lovebird serta anakan tentu saja tidak sama karena pakan untuk anakan harus bermutu bagus untuk memberikan dukungan perkembangan anakan itu. Bila pakan anakan lovebird susah diketemukan, anda dapat memakai pakan pilihan seperti bubur bayi instant yang digabung dengan air hangat. Sesaat untuk mempertahankan kesehatan dapat diberi multivitamin yang memiliki kandungan vitamin A, B, C, D, E dan K supaya burung dapat juga berkicau secara baik.

Jauhi Beberapa Tipe Pakan
Buah apel memang termasuk juga tipe buah yang bagus untuk lovebird, tetapi jauhi sisi biji apel sebab memiliki kandungan sianida yang dapat menyebabkan fatal untuk lovebird yang harus juga dilaksanakan dalam langkah menjaga lovebird supaya ngekek panjang. Beberapa macam makanan yang jangan diberi yang lain ialah coklat, alpukat dan bawang putih.

Dalam daging alpukat memiliki kandungan zat persin yang dapat menyempitkan pembuluh darah lovebird, sedang coklat dapat turunkan peranan saraf lovebird serta bawang putih yang dapat mengakibatkan anemia hemolitik yaitu rusaknya sel darah merah yang berbuntut pada kematian.

Memandikan Lovebird
Lovebird harus dengan teratur dimandikan sampai basah kuyup agar stamina burung masih terbangun secara baik serta lebih rajin berkicau dengan panjang. Untuk tingkatan memandikan lovebird sedetailnya dapat disaksikan berikut ini.

Leave a Comment